Welcome Folks!

Bakrie Tower

Bakrie tower adalah  salah satu gedung perkantoran dengan tinggi 217 meter dengan 57 lantai dan selesai dibangun pada tahun 2009. Sebuah proyek masterpiece yang memang disiapkan untuk menjadi landmark dan ikon ibu kota Jakarta yang terletak di kawasan kuningan.

 

Bakrie Tower sendiri merupakan bagian dari pembangunan super blocksexy.Dengan ketinggian 217 meter, Bakrie Tower bisa disebut sebagai gedung pencakar langit.Yang menarik dari gedung ini tidak hanya ketinggiannya yang termasuk gedung” tertinggi di seluruh dunia, tapi juga estetika arsitekturnya yang unik dan rumit. Kepercayaan kelompok usaha Bakrie terhadap arsitek Urbane Indonesia dengan tokoh arsiteknya Ir M Ridwan Kamil-Principle Architect PT Urbane Indonesia, arsitek muda yang juga dosen di Institut Teknologi Bandung, terbayar dengan hasil desain Bakrie Tower yang sangat unik dan memukau.

 

Ridwan kamil yang dipercaya sebagai master planner  bakrie tower, menyatakan bahwa, terdapat konsep baru yang di aplikasikan pada kompleks ini yakni intergrated basement, artinya seluruh basement saling berhubungan sehingga jika terjadi kemacetan di satu kawasan,  masih bisa menggunakan jalan lain. Inovasi ini juga mengurangi ruang-ruang untuk kendaraan di lantai dasar. Dan mencoba membangun sebuah kawasan besar  terpadu yang bisa menjadi percontohan bagi proyek-proyek besar di Indonesia.

Selain memberikan alternatif transportasi kereta api, salah satu sumbangan Rasuna Epicentrum adalah memberdayagunakan sungai yang melewati kawasan ini dengan rekayasa engineering sehingga air sungai menjadi bersih dengan penerangan yang eksotik di malam hari.

Ridwan menggunakan koneksi dan pengalamannya yang sudah berkiprah di luar negeri dengan menciptakan arsitektur twisting atau struktur yang berputar pada sumbu gedung. Seni arsitektur ini menjadikan pola gedung laksana berputar dengan menjadikan setiap lantai terdapat pergeseran sekitar 0,47° atau sekitar 15cm.

Pergeseran struktur bangunan tersebut terjadi pada tiga bagian  yaitu dari ground floor sampai dengan lantai 17 berputar ke kanan. Diteruskan  lantai 17 sampai lantai 33 berputar ke kiri, kemudian dari lantai 33 hingga lantai 48  berputar kembali ke kanan. Dengan desain semacam itu, Bakrie Tower mendapatkan kesan berputar dan mudah menarik perhatian masyarakat kota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s