Welcome Folks!

FINISHING PELAT LANTAI

PENUTUP LANTAI ALAM :

MARMER

1

Permukaannya mudah bernoda.  Perlu diberi lapisan pelindung secara berkala, agar warnanya tidak pudar. Perawatannya paling sulit. Karena dari alam harganya mahal. Contoh Merk : Marmer Lampung, Tulungagung, Bandung, Padalarang, Citatah dll.

 2

GRANIT

Permukaannya sangat keras, tahan panas / api, memiliki semburat kilau seperti Kristal. Permukaannya juga mudah bernoda. Perlu diberi lapisan pelindung. Poles granit dengan bahan aditif seperti osasil. Karena dari alam harganya mahal. Perawatannya tidak sesulit marmer.

 3

BATU KAPUR (LIMESTONE)

Biasa disebut batu lunak. Bobotnya berat.Warna netral adalah putih. Variasi warna lain adalah hijau atau coklat kemerahan. Jika dipakai di area basah, mudah berlumut dan cepat kotor. Lapisan pelindung / finishing glossy atau matte tiap 12 bulan.

 4

BATU ALAM/BATA TEMPEL

Seperti : Batu Paras, Batu Andesit (Lempeng), Batu Palimanan (Yogya), Batu Candi (Borubudur), Batu Wonosari, Batu Denpasar (Bali) dll.

  5

PENUTUP LANTAI KAYU / PARKET :

PARKET KAYU SOLID (UTUH)

Terbuat dari kayu utuh tebal 1,5 – 2,2 cm. Harganya Mahal. ( kayu dengan tingkat densitas rendah), seperti kayu durian, agatis, untuk dipakai diarea-area yang tidak menerima banyak beban. kuat dan tahan lama. Contoh Merk : The Floor dll.

    6

PARKET LAPIS / Engineered Wood Flooring

Terbuat dari penggabungan 3 sampai 5 lapis kayu.  Harganya menengah. Lapisan atas terbuat dari veneer dan kayu solid dengan tebal tertentu untuk lapisan-lapisan bawahnya. Tampilan seindah kayu solid. Selalu dijual dalam kondisi sudah diberikan lapisan pelindung / finishing. Contoh Merk : Gracewood, Armany dll.

 7

PARKET LAMINATE / HDF (SERBUK DIPADATKAN)

Lapisan atasnya terbuat dengan system printing ( cetakan ) dalam bentuk lembaran, dengan print motif marmer, granit atau kayu yang dilaminasi Lembaran hasil cetakan ditempelkan pada dasar bahan sintesis / kayu olahan / serbuk dipres seperti HDF ( High Density Fiberboard ) dan plywood. Tampilan seindah material aslinya. Karena bahannya bisa disebut artificial, harga parket laminate paling murah. Selalu dijual dalam kondisi sudah diberikan lapisan pelindung / finishing. Contoh Merk : Legacy, Mercury, lamiTak dll.

PENUTUP LANTAI DARI KERAMIK, TANAH LIAT  :

KERAMIK

Terbuat dari tanah liat yang dibakar. Tahan lama, tahan air, perawatannya mudah, ukuran motif beragam, harga variatif. Contoh Merk : Roman, Asia, Mulia,Ikad, KIA, Masterina, Arwana dll.

  8

MOZAIK

Berbentuk kotak-kotak kecil dari potongan keramik yang disatukan. Yang dijual siap pakai, dibelakangnya disatukan dengan semacam jaring. Paling tepat digunakan di kamar mandi. Motif papan catur membuat kamar mandi, foyer, koridor menjadi lebih berkarakter. Contoh Merk : de Castello dll.

9

TEGEL

Ubin yang sudah ada sebelum ada keramik. Banyak dipakai di rumah-rumah tua. Karena warnanya didominasi warna-warna tanah, penampilannya terlihat natural. Saat ini dipakai untuk rumah yang berkonsep tradisional, rustic atau modern eklektik. supaya awet harus diberi glasir / coating. Contoh Merk : KIA dll.

 10

TERAKOTA

Terbuat dari tanah liat. Cirikhas yang paling unik adalah warnanya menyerupai tanah, coklat keoranyean. Memberi kesan hangat, natural sesuai untuk hunian berkonsep tradisional atau back to nature. Penampilannya lebih cepat terlihat lusuh dibandingkan tegel. Namun sebagian orang malah lebih suka dengan penampilan yang lusuh ini. Tidak tahan air, supaya awet harus diberi glasir / coating. Contoh Merk : Terra Cotta dll.

 11

TERASO

Penutup lantai terbuat dari teraso yang permukaannya dibuat menyerupai batu alam. Cirikhas lantai teraso adalah tampak butiran-butiran pecahan halus batu alam marmer atau granit atau agregat lain yang menawan. Bisa sebagai pengganti lantai marmer/granit yang mahal. Pembuatannya bisa dicor langsung di tempat atau bentuk tile. Keindahan warna dan pola permukaan bisa di desain sesuai keinginan dan kebutuhan. Contoh Merk : Cengkareng permai dll.

    12

PENUTUP LANTAI BUATAN DARI BAHAN SINTETIS  :

Karpet, Karet, Vinyl / Plastik, Nylon, Serat alam dll. Selain untuk keindahan juga dapat untuk meredam suara. Dipasang pada lantai beton, plesteran, papan dll yang permukaannya sudah rata dan anti lembab / kedap air.

   13  

 

FINISHING DINDING

 

1.         PLESTER DAN ACIAN

Bagian ini meliputi pengadaan bahan, peralatan, tenaga dan pelaksanaan pekerjaan plester rata dan plester kasar pada dinding-dinding dan bagian-bagian lain bangunan serta pekerjaan acian

  14 

Bahan :

  1. Pasir
    Pasir yang dipakai harus kasar, tajam, bersih, dan bebas dari tanah liat, lumpur, dan tidak lebih dari 3%, tidak terlalu banyak batu yang pipih,
  2. Portland Cement
    Portland cement yang dipakai harus baru, tidak ada bagian-bagian yang membatu dalam zak yang tertutup.
  3.  Air.
    Air harus bersih, jernih dan bebas dari bahan-bahan yang merusak seperti, minyak, asam, dan unsur organik lainnya.

2.         DINDING KERAMIK

Bagian ini meliputi pengadaan bahan-bahan, peralatan, tenaga untuk pemasangan keramik pada dinding meliputi pekerjaan:

  1. Plesteran kasar untuk dasar pasangan keramik di dinding
  2. Pasangan untuk keramik dinding, lantai dengan campuran latex, semen dan pasir sebagai perekat
  3. Campuran Latex+semen+bahan pewarna untuk filler/kolotan.

      15 

Bahan :

  1.  Keramik
  2. Plamir dan cat untuk pelapis dasar dinding sisi luar
  3. Water proof dan cat sebagai lapisan dinding sisi dala

3.         PEMASANGAN DINDING GRANIT ALAM 

Bahan perekat untuk granit alam yang dipergunakan untuk pemasangan pada dinding dan lantai adalah acian Portland Cement

 16(1) 

16 

4.         PEKERJAAN PELAPIS DINDING ALUMUNIUM COMPOSITE PANEL (ACP)

Bagian ini meliputi pengadaan bahan-bahan, peralatan, tenaga untuk pemasangan Alumunium Composite Panel (ACP) pada dinding luar bangunan

     17 

Bahan :

  1. Pelapis Alumunium Composite Panel (ACP) merk ALUCOBON, ALUCOPAN, ALUCOPAL, PRIMABOND
  2. Bahan kerangka untuk alucobon yang dipergunakan untuk pemasangan pada dinding adalah metal aluminium hollow dengan perkuatan rangka besi siku 5.50.50, rangka besi dicat dengan zincchromate.
  3. Paku sekrup (screw) yang dipagai galvanized/ anti karat.

4.         DINDING WOOD LAMINATE

Pelapis Wall Laminate ,contoh merk ELESGO (HDM Germany)

18

5.         PEKERJAAN WALLPAPER 

  1. Pelapis Wall paper laminate
  2.  Bahan harus memiliki sifat: memiliki lapisan vinyl, dapat dicuci dengan air, kuat tidak mudah tergores.
  3. Perekat dengan menggunakan lem khusus wall paper dengan merk 3M.

  19  

6.         PEKERJAAN CAT 

  1. Cat Besi

Besi yang akan dicat harus dibersihkan dari karat, minyak dan kerak dengan cara menggosok, menyikat dengan sikat baja kemudian harus segera ditutup dengan cat ,Meni, cat dasar dan cat akhir dengan lapisan sebagai berikut:

  • 2 lapis Quick Drying Metal Primer Red Lead sampai rata
  • 1 lapis Undercoat
  •  1 lapis weather Resistant Alumunium Paint sampai rata, dan didapat warna yang sama.

Warna untuk tiap lapisan primer, under coat dan finish harus dibedakan.

  1. Cat Tembok

Cat tembok bagian dalam (interior) dipakai merk sekualitas Flora/Cendana dan cat tembok bagian luar (exterior) dipakai setara cat merk Mowilex Wheathercoat. Setelah plesteran tembok kering maka pengecatan tembok baru dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:

  • 1 lapis alkali resisting primer
  •  Acrylic Wall Filler untuk meratakan permukaan tembok bagian dalam bangunan (plamur)
  • 2 lapis Crylic Emulsion untuk dinding dalam dan
  • 2 lapis Weathershield Acrylic Emulsion untuk dinding luar.

Untuk cat tembok dalam maupun luar agar dilakukan pengecatan sampai merata dan didapat warna akhir yang sama.

 20 

  1. Cat Kayu

Pengecatan kayu dipakai cat EMCO. Biarkan permukaan yang akan dicat mengering, bersihkan permukaan kayu dari kotoran, debu, minyak, gemuk, dsb.
Amplas permukaannya, kemudian dilap bersih setelah dilakukan:

  • 1 (satu) lapis cat primer
  • 1 (satu) lapis under coat
  • 2 (dua) lapis cat final

Cat primer dan under coat harus satu merk dengan cat final.

 21 

FINISHING PLAFON

 

PLAFON DATAR

Plafon Datar adalah Plafon yang seluruh permukaannya datar. Ada yang dibuat tanpa nat, ada yang dibuat berupa potongan-potongan bentuk panel yang dibatasi nat. Plafon dipasang pada rangka plafon.

 22 

PLAFON MIRING

  • PLAFON MIRING DENGAN ESKPOS KUDA-KUDA

Yang ingin ditonjolkan oleh plafon jenis ini adalah struktur kuda-kudanya. Plafon miring dipasang mengikuti bentuk kuda-kuda. Hanya kuda-kuda dipasang dibawah plafon supaya terekspos.

 23 

  • PLAFON MIRING DENGAN EKSPOS RANGKA ATAP

Yang ingin ditonjolkan / diekspos oleh plafon jenis ini adalah rangka atapnya, yang terdiri atas balok, usuk dan reng.

 24 

  • PLAFON MIRING DENGAN PERMUKAAN RATA

Plafon miring dan rata dipasang mengikuti bentuk kuda-kuda.

 25 

 

PLAFON MELENGKUNG

  • PLAFON KUBAH

Banyak dipakai di rumah-rumah ibadah atau rumah tinggal yang ingin menampilkan desain yang unik dan indah.

 26 

  • PLAFON BUSUR

Sangat sesuai untuk ruang dengan proporsi memanjang, misalnya selasar atau ruang pertemuan.

 27

PLAFON MENERUS

Plafon Menerus adalah plafon yang menyatu / tersambung dengan dinding. Biasa diterapkan pada ruang yang sebenarnya sudah berplafon datar. Dengan menambahkan plafon menerus, tampilan ruang terasa lebih dinamis dan modern. Agar lebih menarik saat dipasang beri jarak dengan bagian atas dan dinding. Adanya jarak ini, bisa dijadikan rongga untuk mengaplikasikan lampu.

  28 

PLAFON DINAIKKAN (UP CEILING)

Plafon Dinaikkan adalah plafon yang sebagian besar permukaannya terangkat keatas. Merupakan salah satu jenis variasi bentuk plafon datar yang dapat memberikan kesan lebih tinggi. Bentuknya ada yang persegi, lingkaran atau oval.

 29 

PLAFON DITURUNKAN (DOWN CEILING)

Plafon Diturunkan adalah plafon yang sebagian besar permukaannya turun. Jarak bidang yang diturunkan sesuai kebutuhan berkisar 15 – 20 cm.

 30

 

 

AKSESORIS PLAFON

31 32 33

 

SUMBER :

http://archive.kaskus.co.id/thread/5213194/0/jenis-jenis-finishing-dinding-dan-alat-yang-digunakan

http://membangun-rumah8870.blogspot.com/2012/08/macam-macam-penutup-lantai.html

http://membangun-rumah8870.blogspot.com/search/label/Macam-macam%20Model%20Plafon

http://www.desainklasik.com/ceilling.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s