Welcome Folks!

TUTORIAL GOOGLE SKETCH UP

Toolbar

SketchUp memiliki banyak toolbar yang berbeda. Dengan toolbar ini Anda dapat menggunakan alat yang berbeda (alat) dan alamat itu untuk bekerja. Toolbar yang on / off melalui View> Toolbars.

Camera

Alat kamera adalah alat dengan mana Anda dapat mengubah bidang pandang. Di antara orbit lainnya, pan dan zoom.

1

Next

Camera > Next

Selanjutnya Anda dapat dengan titik lebih jauh. Ini hanya mungkin jika Anda telah kembali melalui Sebelumnya. Semakin Anda klik semakin Anda maju.

Orbit

Camera > Orbit atau [O] atau [tombol mouse 3]

Menggunakan Orbit Anda dapat bebas untuk melihat sekeliling, tetapi di atas tempat. Anda tidak dapat “berjalan”, yaitu dengan Pan.

Tip: Gunakan [Shift] untuk sementara Pan digunakan. Jika Anda [Shift] rilis kembali ke Orbit.

Tip: SketchUp memastikan bahwa gambar selalu tetap horisontal bahkan pada Orbit. Anda dapat menggunakan [Ctrl] sementara gambar tidak horizontal. Ini mungkin begitu sampai Anda melepaskannya.

Pan

Camera > Pan atau [H]

Dengan Pan dapat melihat gambar pada dua sumbu: horizontal dan vertikal.

Previous

Camera > Previous

Dengan Sebelumnya bisa Anda menunjuk kembali. Ini hanya mungkin jika Anda telah kembali melalui ini sudah memiliki sudut pandang yang berbeda. Semakin Anda klik semakin Anda kembali.

Zoom

Camera > Zoom atau [Z]

Dengan Zoom Anda dapat mengklik model Anda masuk dan keluar.

Tip: Jika Anda klik dua kali gambar berpusat pada titik tersebut.

Zoom Extents

Camera > Zoom Extents atau [Ctrl + Shift + E]

Zoom Extents SketchUp otomatis memperbesar hanya cukup sampai seluruh model Anda pada layar terlihat.

Zoom Window

Camera > Zoom Window atau [Ctrl + Shift + W]

Jendela zoom, Anda dapat memilih area yang ingin Anda tampilannya.

Konstruksi

Alat konstruksi adalah alat yang membuat geometri menentukan model dan deskripsi dalam model Anda dapat menempatkan.

 2

3D Text

Tools > 3D Text

Dengan Teks 3D, kata-kata dan teks dalam model 3D Anda ditetapkan.

Axes

Tools > Axes

Dengan Axes dapat melihat arah dan lokasi dari sumbu.

Dimension

Tools > Dimension

Dengan Dimensi, dimensi Anda ke bagian dari model Anda up.

Tip: Jika Anda ingin menggunakan baris untuk dimensi Anda, Anda juga dapat mengklik pada baris.Tip: Anda dapat menyesuaikan tampilan teks dan perubahan panah melalui Jendela> Info Model> Dimensi.

Protractor

Tools > Protractor

Dengan Protractor dapat mengukur sudut dan panduan (panduan) tanda-tanda.

Tip: Anda dapat memasukkan jumlah derajat ke sudut ke sudut itu.

Tape Measure

Tools > Tape Measure atau [T]

Dengan Ukur Tape dapat mengukur dimensi dalam model Anda.

Text

Tools > Text

Dengan deskripsi teks dapat menempatkan bagian dari model Anda.

Tip: Anda dapat mengubah tampilan panah setelah penciptaan dengan menggunakan [kanan] pada baris antara panah dan tombol teks. Klik tanda panah di Arrow dan Pemimpin garis. Untuk mengubah font, warna font, dll untuk mengubah, klik Info Entity.

Draw

Alat konstruksi adalah alat yang membuat geometri menentukan model dan deskripsi dalam model Anda dapat menempatkan.

 3

Arc

Draw > Arc [A]

Dengan Arc dapat membuat busur.

Circle

Draw > Circle [C]

Dengan Lingkaran Anda dapat membuat lingkaran.

Freehand

Draw > Freehand

Dalam FreeHand, kamu bisa menggambar bebas. Hal ini seperti pensil.

Line

Draw > Line [L]

Dengan Garis bisa garis lurus.

1. Klik titik di mana garis harus dimulai

2. Gerakkan mouse dan klik untuk mengakhiri baris.

Tip: Anda dapat mengubah baris menjadi beberapa bagian yang sama. Sebelum Anda mengklik [Kanan] di telepon, kemudian pilih dari menu devide. Semakin jauh mouse kini tengah garis bergerak off menjadi potongan-potongan lebih dari garis dibagi. Klik jumlah potongan di tempat.

Polygon

Draw > Polygon

Dengan Polygon bisa membuat segi enam.

Rectangle

Draw > Rectangle atau [R]

Dengan Rectangle dapat membuat persegi panjang.

Face Style

Wajah alat Style adalah alat yang membuat geometri menentukan model dan deskripsi dalam model Anda dapat menempatkan.

 4

Hidden Line

View > Face Style > Hidden Line

Dengan Garis tersembunyi, Anda hanya melihat garis model Anda, tetapi Anda tidak dapat melihat melampaui permukaan.

Monochrome

View > Face Style > Monochrome

Dengan Monochrome mendapatkan semua pesawat warna default sebagai tekstur.

Shaded

View > Face Style > Shaded

Dengan Shaded Anda melihat warna, tetapi tidak ada gambar sebagai tekstur.

Shaded With Textures

View > Face Style > Shaded With Textures

Dengan Berbayang Dengan Textures melihat kedua warna dan gambar sebagai tekstur.

X-Ray

View > Face Style > X-Ray

Dengan X-Ray adalah semua permukaan transparan. Anda menggunakan X-Ray dalam kombinasi dengan salah satu Styles wajah lainnya.

Google

Dengan Google, Anda bisa model dari Google 3D Warehouse memilih. Dan Anda dapat menempatkan model Anda di Google Earth.

CATATAN: Untuk alat-alat berikut ini, Anda memiliki plugin Google Earth. Yang dapat anda download di sini secara gratis.

5

Get Current View

Tools > Google Earth > Get Current View

Dengan Dapatkan Foto Current View satelit dapat Google Earth untuk SketchUp menaruh. Pada gambar Anda dapat membangun, sehingga mereka di Google Earth muncul di tempat yang tepat.

Tip: Gunakan Axes sumbu untuk menyamakan kedudukan dengan satelit.

Get Models

File > 3D Warehouse > Get Models…

Dapatkan dengan Model SketchUp dapat mengambil file dari Gudang Gambar 3D.

Tip: Jika Anda sering menggunakan model tertentu Anda dapat menempatkan mereka dalam komponen Anda. Anda miliki sebelum mereka di folder C: \ Program Files \ Google \ Google SketchUp 6 \ Komponen set.

Place Model

Tools > Google Earth > Place Model

Dengan tempat Anda model SketchUp Anda dapat menempatkan file dalam Google Earth.

Share Model

File > 3D Warehouse > Share Model…

Berbagi dengan model SketchUp Anda dapat mengkonversi file dalam Gudang 3D. Jika Anda melakukan itu orang dapat melihat, men-download dan mengevaluasi.

Tip: Menemukan kata kunci yang baik (tag) untuk model Anda. Kesempatan lebih besar bahwa orang-orang menemukan model Anda. Jadi menaruh beberapa hal dalam bahasa lain di (contoh: Belanda, Belanda, Pays-Bas, Belanda, dll).

Catatan: Screenshot dalam model Anda dibuat pada saat Anda berbagi. Jadi jika Anda ingin posisi tertentu untuk menunjukkan bahwa Anda harus memeriksa sebelum Anda berbagi.

Toggle Terrain

Tools > Google Earth > Toggle Terrain

Dengan Terrain Beralih dapat melihat foto-foto satelit yang telah diambil dari Google Earth topografi (elevasi) menunjukkan.

Tip: Aktifkan fitur ini selama membangun. Tapi lihat sekarang dan kemudian apakah model Anda pada ketinggian yang tepat (di Belanda hampir selalu baik, karena apa yang sedikit lega).

Modification

Alat modifikasi adalah alat yang dapat mengubah geometri yang ada

 6

Follow Me

Tools > Follow Me

Dengan Follow Me pesawat sepanjang rute yang dapat Anda menarik atau mendorong.

1. Klik bentuk yang Anda ingin menarik atau mendorong.

2. Gerakkan mouse Anda ke rute yang ingin Anda ikuti dan klik untuk mengedit di tempat.

Move

Tools > Move atau [M]

Dengan Pindah Anda dapat memindahkan bentuk dan / atau menarik.

1. Klik bentuk yang Anda ingin pindah.

2. Gerakkan mouse dan klik untuk mengedit di tempat.

Tip: Jika Anda [Ctrl] Anda dapat menggunakan formulir yang ingin Anda pindahkan, salin.

Offset

Tools > Offset atau [F]

Offset dapat menyalin bentuk dan pada jarak yang sama dari tepi.

1. Klik bentuk yang ingin Anda salin.

2. Gerakkan mouse ke bagian dalam atau di luar dan klik untuk mengedit di tempat.

Push/Pull

Tools > Push/Pull atau [P]

Dengan Push / Pull sepanjang permukaan dapat menarik atau mendorong.

1. Klik bidang yang Anda ingin menarik atau mendorong.

2. Gerakkan mouse ke atas atau ke bawah dan klik untuk mengedit di tempat.

Tip: Ke atas sebuah flat menarik pesawat lain ditarik untuk menekan [Ctrl]. Ada sebuah tanda plus kecil di atas mouse anda untuk berdiri. Jika Anda hanya wajah dia menarik sebuah sosok baru.

Rotate

Tools > Rotate atau [Q]

Seperti yang dapat Anda Putar pesawat, garis, bentuk dan komponen dijalankan.

1. Klik bentuk yang Anda ingin memutar.

2. Klik titik di mana Anda ingin memulai rotasi

3. Putar mouse ke form dan klik edit di tempat.

Scale

Tools > Scale atau [S]

Dengan Skala dapat permukaan, lijen, bentuk dan mengubah ukuran komponen.

1. Klik bentuk yang ingin Anda ubah ukurannya.

2. Tarik batu hijau dan klik untuk mengedit di tempat.

Principal

Alat utama adalah alat standar yang Anda dapat melakukan hal-hal di SketchUp.

7

Eraser

Tools > Eraser atau [E]

Dengan Eraser Anda dapat menghapus garis dan komponen.

1. Klik baris atau komponen yang Anda ingin pergi.

Tip: Anda juga dapat garis tak terlihat ([Shift]) atau smoothing ([Ctrl])

Make Component

Edit > Make Component… [G]

Dengan Membuat Komponen, Anda dapat membuat komponen.

1. Klik dua bentuk yang Anda ingin membuat komponen.

2. Masukkan beberapa rincian dan klik Create untuk membuat edit di tempat.

Paint Bucket

Tools > Paint Bucket atau [B]

Dengan warna Paint Bucket bisa dan tekstur pada permukaan cat.

1. Pilih warna dari perpustakaan.

2. Klik pada area yang ingin Anda cat.

Tip: Jika Anda memiliki gambar yang ingin Anda gunakan, pilih menu edit gambar Gunakan tekstur. Klik ikon di samping folder Anda untuk menggulir dan memilih gambar. Dimensi yang mendefinisikan menggunakan dua kotak mengisi bawahnya.

Select

Tools > Select  atau [Space]

Dengan Pilih Anda dapat memilih sesuatu.

1. Klik hal yang ingin Anda pilih.

Tip: Klik dua kali ke titik di mana Anda diklik dengan garis-garis yang menyertakan pilih. Klik tiga kali untuk sesuatu yang melekat pada pesawat di mana Anda klik untuk memilih.

Sandbox

Window > Preferences > Extensions > Sanbox tools

Dengan Sandbox permukaan dapat menarik dan mendorong ke permukaan miring, itu seperti bak pasir dengan pasir.

8

Add Detail

Tools > Sandbox > Add detail

Dengan Detil Firefox kalikan jumlah baris, sehingga Anda dapat membuat lebih detail.

Drape

Tools > Sandbox > Drape

Dengan menggantungkan dapat memproyeksikan tepi.

Flip Edge

Tools > Sandbox > Flip Edge

Dengan Ujung flip cermin Anda arah garis (s).

From Contours

Draw > Sandbox > From Contours

Dengan Dari Kontur dapat membuat Sandbox yang membuat beberapa baris.

From Scratch

Draw > Sandbox > From Scratch

Dengan From Scratch, Anda dapat membuat kotak persegi panjang dengan mana Anda dapat membuat sebuah Sandbox.

Smoove

Tools > Sandbox > Smoove

Dengan Smoove dapat melihat permukaan Sandbox yang mendorong naik atau turun.

Stamp

Tools > Sandbox > Stamp

Dengan Stamp, Anda dapat menyalin basis di Sandbox.

Sections

Bagian alat adalah alat yang dapat menangkap cross section.

9

Display Section Cuts

View > Section Cuts

Dengan Cuts Bagian Tampilan dapat memilih apakah Anda ingin menunjukkan penampang itu.

Display Section Planes

View > Section Planes

Dengan Pesawat Bagian Tampilan dapat memilih apakah Anda ingin permukaan dipotong dari penampang berusaha untuk menunjukkan.

Section Plane

Tools > Section Plane

Dengan Pesawat Bagian Anda dapat memposting terdepan baru.

Tip: Putar Anda dapat memutar terdepan. Dan dengan Move Anda dapat memindahkan.

Tip: Tekan tombol [Kanan] pada antarmuka dan kemudian Refurse ke persimpangan untuk mengubah.

Shadows

Bayangan alat adalah alat yang dapat menunjukkan bayangan dalam model Anda.

10

Date

Window > Shadows

Dengan Tanggal, Anda dapat memilih tanggal dimana bayangan yang akan ditampilkan.

Display Shadows

View > Shadows

Dengan Bayangan Tampilan dapat memilih apakah Anda ingin melihat bayangan.

Shadow Settings

Window > Shadows

Dengan Pengaturan Bayangan dapat melihat pengaturan bayangan.

Time

Window > Shadows

Dengan Waktu, Anda dapat memilih waktu di mana bayangan untuk ditampilkan.

Standar

Alat-alat standar adalah alat standar yang Anda butuhkan dalam SketchUp.

 11

Copy

Edit > Copy atau [Ctrl + C]

Dengan Salin Anda dapat menyalin sesuatu.

Cut

Edit > Cut atau [Ctrl + X]

Potong dengan hal-hal yang Anda dapat memotong.

Erase

Dengan Erase bisa Anda menghapus hal.

Model Info

Window > Model Info

Dengan Info Model Anda dapat mengubah pengaturan untuk model Anda.

Animation

Animasi dengan hal-hal yang Anda dapat mengatur untuk animasi. Dalam Transisi Tema dapat menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan dari satu ke adegan lain untuk pergi. Dalam bepaa Acara Penundaan berapa banyak waktu yang ada antara pergi dari satu ke adegan lain.

Components

Dengan Axes Komponen Anda dapat mengatur apakah sumbu dari setiap komponen yang ingin Anda lihat.

Dimensions

Dengan Dimensi, Anda dapat mengubah pengaturan untuk Text tool dan alat Dimensi.

File

Berkas dengan deskripsi file Anda.

Location PRO

Dengan LocationFree Anda dapat menentukan kota mana Anda model di seluruh negara.

Statistics

Dengan Statistik dapat memberikan beberapa statistik dari hal-hal dalam model Anda digunakan.

Text

Dengan teks, Anda dapat mengubah pengaturan untuk Text tool.

Units

Dengan Unit dapat mengatur unit yang ingin Anda gunakan di SketchUp.

Tip: Anda dapat mengatur unit default via Window> Preferences> Template.

New

File > New atau [Ctrl + N]

Dengan New Anda bisa mendapatkan file SketchUp baru (. Skp) terbuka.

Open

File > Open atau [Ctrl + O]

Dengan Buka Anda dapat file SketchUp yang ada (. Skp) terbuka.

Paste

Edit > Paste atau [Ctrl + V]

Dengan Paste Anda dapat menyisipkan apa yang Anda memotong telah dipotong atau disalin menggunakan Copy.

Print

File > Print atau [Ctrl + P]

Dengan Cetak Anda dapat mencetak screenshot dari file Anda.

Redo

Edit > Redo atau [Ctrl + Y]

Dengan Redo Anda dapat melangkah lebih jauh.

Save

File > Save atau [Ctrl + S]

Dengan SketchUp, Anda dapat Simpan file (. Skp) toko.

Tip: Jika Anda mengajukan pada komputer dengan versi lama SketchUp ingin membuka, Anda juga dapat menyimpannya sebagai file untuk versi (Save as type).

Undo

Edit > Undo atau [Ctrl + Z]

Dengan Undo bisa Anda mengambil langkah mundur.

Views

Tampilan alat adalah alat yang memungkinkan Anda untuk cara preset Anda untuk menonton model.

12

Back

Camera > Standard Views > Back

Dengan Kembali Anda dapat melihat bagian belakang tampilan model Anda.

Front

Camera > Standard Views > Front

Di depan Anda dapat melihat bagian depan model Anda.

Iso

Camera > Standard Views > Iso

Dengan Iso Anda dapat menggunakan sisi depan dan kanan tampilan model Anda.

Left

Camera > Standard Views > Left

Dengan Kiri dapat melihat sisi kiri tampilan model Anda.

Right

Camera > Standard Views > Right

Dengan Kanan Anda dapat melihat sisi kanan dari model Anda.

Top

Camera > Standard Views > Top

Dengan atas Anda dapat melihat bagian atas model pandangan Anda.

Walkthrough

Alat walktrough adalah alat yang Anda dapat pergi berjalan melalui model Anda.

13

Look Around

Camera > Look Around

Dengan Lookaround Anda dapat melihat-lihat tempat di atas.

Position Camera

Camera > Position Camera

Dengan Kamera Posisi bisa Anda gambar pada satu titik.

Walk

Camera > Walk

Dengan berjalan Anda dapat berjalan-jalan.

Tip: Gunakan [Ctrl] Anda dapat berjalan.

Tip: Gunakan [Shift] Anda dapat melihat seberapa jauh Anda berjalan atau berlari.

Ekspor

Dengan Ekspor Anda dapat membeli model Anda untuk menunjukkan orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara animasi, gambar atau pemirsa.

2D Graphic

File > Export > 2D Graphic

Dengan gambar grafis 2D Anda dapat menciptakan model 3D Anda. Anda dapat memilih dari sekitar 10 format file yang Anda dapat menyimpan gambar.

3D Model

File > Export > 3D Model

Dengan model 3D, Anda dapat menyimpan file Anda sebagai file yang berbeda dari default (. Skp). Anda dapat memilih dari sekitar 10 format file yang Anda dapat menyimpan gambar.

Animation

File > Export > Animation

Dengan Animasi dapat membuat animasi dari model 3D Anda. Anda dapat memilih dari beberapa format file yang dapat Anda simpan gambar.

Section Slice PRO

File > Export > Section Slice

Dengan Bagian Slice, penampang toko model.

Import

Dengan Ekspor Anda dapat membeli model Anda untuk menunjukkan orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara animasi, gambar atau pemirsa.

Use as image

File > Import

Dengan Gunakan sebagai gambar, Anda dapat menempatkan gambar dalam model Anda.

Use as texture

File > Import

Dengan Gunakan sebagai tekstur dapat digunakan sebagai gambar tekstur. Itu berarti Anda dapat melukis gambar pesawat.

Use for Photo Match

File > Import

Dengan Gunakan untuk PhotoMatch dapat menggunakan gambar untuk Pertandingan Photo.

Plugins

SketchUp jelas telah banyak fungsi. Sebagai pemula, maka akan cukup bagi Anda. Tetapi karena Anda menjadi lebih dan lebih maju, Anda perlu opsi tambahan.

Styles

Window > Styles

Menggunakan Styles, Anda dapat menyesuaikan gaya SketchUp. Misalnya latar belakang, garis dan pesawat.

Shortcuts

Banyak alat dan pilihan di SketchUp jalan pintas. Di bawah ini adalah daftar alat dan pilihan dengan mereka hotkey (s).

Name Shortcut(s)
Arc

Circle

Copy

Cut

Delete

Eraser

Line

Make Component

Move

New

Offset

Open

Orbit

Paint Bucket

Pan

Paste

Print

Push/pull

Rectangle

Redo

Rotate

Save

Scale

Select

Select All

Select None

Tape Measure

Undo

Zoom Extents

Zoom Window

[A]

[C]

[Ctrl + C]

[Ctrl + X]

[Delete]

[E]

[L]

[G]

[M]

[Ctrl + N]

[F]

[Ctrl + O]

[O] of [3e muisknop]

[B]

[H]

[Ctrl + V]

[Ctrl + P]

[P]

[R]

[Ctrl + Y]

[Q]

[Ctrl + S]

[S]

[Space]

[Ctrl + A]

[Ctrl + T]

[T]

[Ctrl + Z]

[Ctrl + Shift + E]

[Ctrl + Shift + W]

PRAKTIKUM GOOGLE SKETCH UP 

1

Buat Rectangle dengan ukuran yang sudah di sesuaikan, dan bagian dalam rectangle. 2

Buat Offset pada bagian pinggir rectangle terluar

3

4

Push/Pull bagian pinggir (Offset) yang sudah dibatasi antara bagian depan dan bagian samping, untuk membuat tembok luar.

5

6

Push/Pull bagian dalam dan pinggirnya untuk membuat sisi rumput dan pembatasnya, dengan beda yang tidak terlalu jauh.

7

Push/Pull bagian utama rectangle bagian tengah untuk membuat lantai gazebo.

8

Buat rectangle kecil di depan lantai gazebo, untuk membuat tangga.

9

Push/Pull rectangle lebih rendah dari lantai gazebo, kurang lebih setengah tinggi lantai gazebo.

10

Buat rectangle di tempat terpisah sebagai bagian bawah/alas pilar.

11

12

Tambahkan Offset pada alas kemudian Push/Pull bagian alas pilar kemudian bagian tengah pilar lebih tinggi dari tembok luar.

13

Pasang pilar di pojok-pojok gazebo sebagai sanggahan atap.

14

15

Tarik Line secara diagonal ke 2 titik dalam pilar kemudian sambungkan ke titik luar pilar lain, kemudian tambahkan tambahan atap agar menambah kesan atap lebih besar dari renggang pilar-pilar gazebo.

16

Tambahkan Components dan Materials pada desain bangunan agar menambah kesan nyata.

17

Hasil akhir  tanpa rendering

2 responses

  1. Jhon Salya

    Makasih tutorialnya, lumayan untuk bahan latihan

    August 23, 2014 at 1:21 am

  2. Adrian

    Tanya : kalo mau memberi dimensi untuk sudut elevasi bagaimana? soalnya cuma ada dimensi aja. Tutornya cukup membantu, thanx bngt

    January 11, 2015 at 7:11 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s